Kabupaten Maluku Tengah Masuk Nominasi APN
Satu-satunya Perwakilan Maluku dalam Anugerah Pengripta Nusantara tahun 2018

Kamis, 03 Jan 2019 | 12:52:06 WIB - Oleh ricky


Kabupaten Maluku Tengah Masuk Nominasi APN

Masohi - Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menjadi satu satunya kabupaten di Provinsi Maluku yang masuk nominasi Anugerah Pengripta Nusantara (APN).

Kabupaten bertajuk Pamahanunusa ini dipastikan, akan berkompetisi dengan 15 daerah lainnya di Indonesia, untuk merebut penghargaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Kabupaten tersulung di Maluku ini masuk dalam deretan nasional untuk merebut penghargaan yang sama. Penghargaan ini juga pernah didapatkan pada Tahun 2013 lalu

Berada dalam genggaman Bupati Tuasikal Abua, setelah Menteri Bappenas Armida S Alisjahbana, MA  memutuskan, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Malteng adalah yang terbaik.

Selanjutnya pada tahun 2015, Ma­luku Tengah ikut kompetitor bersama sejumlah daerah lain dalam ajang yang sama. Hasilnya tahun ini,  kembali terpilih mewakili 10 kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

Bupati Malteng, Tuasikal Abua ke­pada Siwalima mengaku bangga masuk dalam namonasi APN.

Ia optimis Anugerah Pengripta Nusantara tahun 2018 akan diperoleh dan dipertahankan.

“Saya bangga, tahun ini Maluku Tengah dapat memperoleh “kado istimewa”. Dan Alhamdulillah, Malteng masuk kompetitor, kami optimis akan meraih Pangripta Nusantara 2018,” je­lasnya kepada Siwalima melalui tele­pon selularnya, kemarin. 

Dikatakan, terpilihnya Maluku Tengah sebagai salah satu nominator membuktikan, proses perencanaan pembangunan daerah berkualitas dan sesuai standar nasional. Disisi lain, dokumen perencanaan tersebut dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan daerah dan masyatakat sesuai karakteristik wilayah.

Bupati menambahkan, keberha­silan tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua pihak terutama Satuan Kerja Perangkat Daerah.

“Kami optimis, ini diperoleh atas kerja keras semua pihak terutama SKPD. Kedepan kebutuhan daerah dan masyarakat telah terpotret lewat program terobosan. Tentu butuh ker­ja keras selama lima tahun kedepan,” katanya..

Sementara itu, Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Malteng, Rakib Sahubawa menjelaskan, Pangripta Nusantara merupakan ajang apre­siasi tingkat nasional yang diikuti oleh seluruh provinsi, kabupaten/kota di Indonesia terhadap kualitas proses perencanaan dan dokumen perencanaan pembangunan daerah (RKPD).

“Ini adalah ajang apresiasi tingkat nasional yang di ikuti oleh seluruh ka­bupaten/kota di Indonesia. Tentu ini  bukan hal mudah. Sebab setelah se­le­sai penilaian tahap III, Maluku Te­ngah akan menghadapi 15 kabu­paten dalam penilaian tahap IV yang ber­langsung di Jakarta 18-19 April pekan depan,” jelas Sahubawa, Sabtu (14/4).

Kabupaten itu antara lain, Kabu­paten Tanah Dasar Provinsi Suma­tera Barat, Lebong (Bengkulu), Ba­ngka (Kepulauan Bangka Belitung), Lingga (Riau), Bogor (Jawa Barat), Tegal (Jawa Tengah). Kabupaten Kulonprogo (DI Jogjakarta), Banyu­wangi (Jawa Timur), Lebak (Banten), Lombok Utara (Nusa Tenggara Ba­rat), Tabolang (Kalimantan Selatan), Banggai (Sulawesi Tengah), dan Halmahera Selatan (Maluku Utara).

Dikatakan, penilaian akan men­cakup 15 indokator meliputi penca­paian, dokumen RKPD, proses pe­ren­canaan serta presentasi. Kriteria tersebut, katanya, akan dinilai oleh lima tim terdiri dari tiga tim inde­penden dan dua tim penilai utama.

“Jadi setiap kriteria meliputi 15 indikator. Yaitu, perencanaan yang mencakup pencapaian rencana dan rencana yang bermanfaat bagi mas­yarakat. Kriteria dokumen antara lain korelasi antara RKPD dengan RPJMD 2018 serta wilayah, konsistensi RKPD, kelengkapan dan kedalaman RKPD, serta tingkat keterukuran dalam dokumen,”jelasnya. (sumber  : www.siwalimanews.com)


Video Terkait:



Minggu, 22 Apr 2018, 12:52:06 WIB Oleh : ricky 24 View
Banjir Jakarta Paling banyak Dicari di Google
Senin, 24 Des 2018, 12:52:06 WIB Oleh : ricky 28 View
Fatima Nabil, Presenter TV Berjilbab Pertama di Mesir
Selasa, 25 Des 2018, 12:52:06 WIB Oleh : ricky 69 View
Walang Inovasi, Solusi Percepatan Pembangunan di Maluku Tengah