Pesona Wisata di Maluku Tengah
10 Tempat Wisata Hits di Maluku Tengah Ini Tuai Apresiasi ASEAN

Kamis, 03 Jan 2019 | 12:40:06 WIB - Oleh ricky


Pesona Wisata di Maluku Tengah

Malaspulang.com – Maluku Tengah. Salah satu Kabupaten di Provinsi Maluku, Maluku sendiri merupakan salah satu Kota penghasil rempah – rempah sejak abad ke – 18.  Tak banyak diketahui, ternyata disana terdapat berbagi macam destinasi wisata hits yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu wisata hits di Maluku Tengah diantaranya adalah Pulau Seram, Pulau Ambon, dan berbagai macam Pulau lainnya.  Maluku tengah sendiri dikenal sebagai salah satu pusat rempah-rempah terbesar yang ada di Indonesia, maka tak heran jika saat penjajahan Jepang & Belanda Maluku menjadi salah satu Kota paling diincar. Tak hanya, karena rempah-rempahnya, namun juga keindahan alamnya yang sangat mempesona. Ini pula yang membuat ASEAN mengapresiasi wisata di Maluku ini sebagai salah satu Surganya Terumbu Karang.

Nah tim malaspulang.com juga telah merangkum 10 Wisata Hits di Maluku Tengah yang wajib kalian jelajahi jika singgah disini. Berikut ini rekomendasi dari kami :

1) Pantai Natsepa

Salah satu tempat wisata hits di Maluku Tengah yang wajib di kunjungi ini sepertinya akan menjadi salah satu tempat kekinian yang jadi favorit bagi setiap pelancong yang datang. Ia adalah “Pantai Natsepa”. Pantai ini sendiri terletak di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah. Kelebbihan dari Pantai ini sendiri adalah pasir putihnya yang putih bersih dan airnya yang jernih, akan selalu membuat tempat ini menjadi bagian di hati masyarakat Maluku sendiri. Dan jangan lupa jika datang ke pantai ini harus wajib mencoba rujak sulli yang cukup terkenal disini.

2) Benteng Victoria

Bagi Mayarakat Ambon, Benteng Victoria merupakan salah satu peninggalan sejarah yang memiliki makna khusus bagi mereka. Pasalnya, tak hanya menjadi slah satu destinasi wisata hits di Maluku Tengah, Namun juga menjadi trademark atas perjuangan masyarakat Ambon saat Penjajahan pada abad ke-19.  Benteng ini sendiri merupakan benteng peninggalan Portugis yang terletak di Kecamatan Sirimau, pusat kota Ambon. Benteng ini merupakan satu – satunya benteng tertua di kota Ambon. Faktanya, benteng ini sudah ada sejak tahun tahun 1575, tetapi kemudian diambil alih oleh Belanda. Tak hanya itu, pada awalnya benteng ini sendiri difungsikan sebagai tempat mengatur strategi dan tempat penyimpanan bahan makanan pada masa itu.

Tak kaget, jika banyak masyarakat yang tertarik untuk mengunjunginya karena sejarah yang dimiliki serta segala unsur arsitekturnya yang masih asli dan kokoh bertahan hingga detik ini.

3) Pulau Nusa Pambo

Untuk salah satu wisata hits di Maluku Tengah lainnya, jatuh pada “Pulau Nusa Pombo” . Pulau ini sendiri merupakan salah satu pulau adalah yang terletak di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku. Tempat ini sendiri berlokasi di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Pulau ini sendiri merupakan salah satu pulau favorit yang digunakan bagi sebagian travellers untuk mencoba berpetualaang atau survive jauh dari kehidupan kota. Pasalnya, tak hanya suasannya yang sunyi dan tenang, namun keindahan pulau dan pantainya yang masih alamai dan “tersembunyi” merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung. Tak hanya itu di Pulau ini sendiri kalian dapat merasakan diving, snorkeling secara puas karena emmang pulau ini masih belum berpenghuni, jadi bisa dibilang “Private Island”. Waw…. !

4) Pulau Banda (Banda Neira)

Siapa yang tak mengenal tempat ini? Tempat ini adalah “Banda Neira” ini bisa dibilang sebagai “A heaven of Central Maluku” . Pasalnya di tempat inilah yang menjadi daya tarik Dunia akan terumbu karangnya, biota laut dan wisata bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Tempat ini sendiri terletak di Pulau Neira, yang diapit oleh Pulau Gunung Api, Pulau Ai, Pulau Sjahrir. Bisa terlihat dari foto jika memang air yang ada dalam tempat ini sungguh jernih dan ternyata terdapat kurang lebih 250 – 350 spesies biota laut.Pantai Liang Malu

Ini yang membuat para travellers dunia ingin melakukan aktivitas seperti diving, snorkeling bahkan berselancara disini. Karena disini kalian juga dapat melihat lumba – lumba bahkan paus  yang berkeliaran. Sedangkan bagi yang ingin memancing, kalian dapat berkesempatan menbawa pulang ikan tuna dan berbagai cakalang, Di balik keindahan alamnya, ternyata pulau ini juga menyimpan kisah pilu bahkan hingga menjadi saksi sejarah dari tokoh-tokoh besar kemerdekaan yang ‘Dibuang/di asingkan”seperti Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, dan Dr Cipto Mangunkusumo pada masa Belanda, dan juga adanya Benteng Belgica yang kokoh hingga saat ini.

5) Pantai Liang

Bagi sebagian masyarakat Maluku, menyebut Pantai ini dengan nama “Pantai Hunimua”, Namun secara Umum, Pelancong bahkan Masyarakat Indonesia lebih mengenal dengan nama “Pantai Liang”. Salah satu wisata hits di Maluku Tengah ini merupakan cerminan taman kebahagiaan bagi sebagian orang. Pasalnya tak hanya kemolekan pantainya yang menuai apresiasi ASEAN dalam dunia Pariwisata, namun juga adanya dermaga panjang yang membentang seolah jembatan penghubung ini, menjadi ikon dari pantai ini. Pantai ini sendiri terletak di Desa Liang, Kec. Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Pantai yang pernah dinobatkan organisasi terkenal,  UNDP-PBB menjadikan “Pantai terindah yang ada di Indonesia pada tahun 1990-an” sangat pantas jika tak pernah sepi pengunjung. Ciri – ciri dari pantai ini adalah adanya dermaga panjang yang membujur diatas lautan hijau yang sangat eksotis untuk dinikmati

6) Gunung Binaiya

Bagi sebagian pendaki, Mendaki Gunung merupakan salah satu tantangan tersendiri di dalam hidupnya untuk dapat menaklukkan sesuatu. Seperti gunung ini contohnya, sebut saja  “Gunung Binaiya (Mutiara Nusa Ina) yang merupakan sebuah gunung yang terletak di Pulau Seram, Maluku. Gunung ini merupakan puncak tertinggi di Maluku dengan ketinggian 3.027 mdpl. Provinsi Maluku. Gunung ini masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Manusela, Menarik bukan?

7) Rumah Pengasingan Bung Hatta

Jaman Penjajahan memang bagi siapapun tak ingin menginginkannya bahkan menjadi suatu catatan kelam dari setiap Negara. Namun adakalanya, di balik itu akan muncul para pahlawan yang menunjukkan kesetiaannya pada Negara, salah satunya “Bung Hatta” . Tak hanya sebagai pahlawan dan proklamator, konon sebelum kemerdekaan Indonesia, beliau pernah di asingkan oleh Belanda di suatu daerah di Maluku, tepatnya di Maluku Tengah yaitu di Pulau Banda Neira. Konon, di rumah inilah yang menjadi saksi sejarah akan penyusunan startegi yang dibuat oleh Bung Hatta dalam mengecoh Belanda.. Wow… !!

8) Pantai Ora Maluku Tengah

Untuk Pantai satu ini memang bagi siapapun sudah tak asing untuk menjelajahi bahkan untuk mengunjunginya. Pantai ini adalah Pantai Ora. Ia merupakan salah satu pantai yang terletak di Pulau Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah. Tempat ini sendiri dikenal sebagai “Maldives nya dari Indonesia“. Bagaimana tidak? Salah satu hal yang mencuri perhatian ASEAN  adalah adanya suatu resort yang mendirikan sebuah gubug kecil di tengah laut. Tak hanya itu, kita bisa menikmati keindahan pantai pasir putih yang bersih, air laut yang jernih dan berbagai wisata ombak yang menawan untuk dilakukan.

9) Pantai Tanjung Kuako

Pantai Tanjung Kuako berada di pesisir selatan Pulau Seram, tepatnya di distrik Amahai. Dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil, kami harus menempuh jarak sekitar 7 kilometer dari Masohi yang ditempuh selama 30 menit saja. Angin pesisir terasa kering di sekujur kulit, namun cukup memberikan kenyamanan di tengah perjalanan menuju Pantai Tanjung Kuako.  Pantai Tanjung Kuako adalah jenis pantai yang berkarang dengan batuan kerikil hitam landai di sekitarnya. Walaupun demikian, pesona indah pantai ini tidak berkurang dan justru bertambah dari sisi keunikannya.

9) Pulau 7

Ada beberapa pulau-pulau yang berderet di Seram Utara bagian Barat, tepatnya di desa Pasanea. Pulau-pulau itu disebut dengan Pulau Tujuh atau Nusa Itu karena terdiri dari tujuh deretan pulau, tetapi sekarang hanya tinggal enam pulau saja.

Untuk akses perjalanan ke Pasanea, kita bisa melalui jalur darat lintas Seram. Kita dapat menggunakan mobil atau pun motor. Dari Ambon kita kemudian pergi menuju ke Liang, pelabuhan Hunimua kemudian kita dapat berangkat menggunakan kapal Fery ke Pelabuhan Waipirit Seram Bagian Barat. Dari Waipirit, kita melanjutkan perjalanan lagi hingga sampai di Waipia, lalu sampai di Tugu Waipia dan melanjutkan perjalanan melewati jalan menembusi hutan Seram hingga sampai di Seram Utara, Pasanea. Dari Pasanea, kita hanya tinggal menggunakan speed boat sekitar tiga menit untuk sampai ke pulau yang pertama dari Nusa I’tu yaitu Nusa I’sau.

Nusa I’sau atau yang lebih di kenal dengan Pulau I’sau adalah pulau paling pertama dari Pulau Tujuh. Pulau I’sau mempunyai dua buah Bungalow yang di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa Pasanea.

Nah, itulah Top 10  Wisata Hits di Maluku Tengah yang menjadi sorotan Nasional bahkan hingga ASEAN dan Dunia yang bisa kalian jadikan bahan referensi liburan untuk waktu dekat. Semangat berlibur !

Sumber : www.malaspulang.com


Video Terkait:



Kamis, 03 Jan 2019, 12:40:06 WIB Oleh : ricky 94 View
Memalukan! Bu Guru di AS Bercinta dengan 4 Muridnya
Minggu, 19 Agu 2012, 12:40:06 WIB Oleh : ricky 57 View
Usai China, Indonesia Tuan Rumah Miss World 2013